wisata

Indahnya Bendungan Selorejo yang di Kelilingi 3 Gunung

Indahnya Bendungan Selorejo yang di Kelilingi 3 Gunung

Berdialog soal Malang, Jawa Timur, barangkali terbersit suasana adem dengan angin semilir Malang yang menghembus di wajah kita. Sensasi menyejukkan batin dan mata akan semakin kamu rasakan ketika mengunjungi ke Waduk Selorejo. Sejauh mata kita mengamati, kamu bisa mengamati tiga gunung mengelilingi bendungan seluas 650 hektar itu.

Ya, view Gunung Anjasmoro, Gunung Kawi, dan Gunung Kelud dari kejauhan mempercantik Waduk Selorejo. Belum lagi panorama nelayan yang sibuk menebar jaring dan tumbuhan – tumbuhan di sekitar waduk. Panorama itu terlihat bagai lukisan maha karya Sang Pencipta.

Bendungan Selorejo terletak di Desa Pandansari, Kecamatan Ngantang, Malang. Jaraknya dari pusat Kota Malang sekitar 48 kilometer. Tidak heran kamu akan merasa adem kalau bertandang ke sana. Karena, waduk yang juga dimanfaatkan sebagai pembangkit listrik itu berada pada ketinggian 600 mdpl.

Bendungan yang dilegalkan pada 1970 dan dikelola oleh Perum Jasa Tirta itu juga difungsikan sebagai destinasi liburan. Traveler bisa menantang adrenalin dengan via jembatan gantung yang melintang di sana. Dikala kamu menyeberanginya, jembatan itu akan sedikit bergoyang meniru langkahmu. Mengasyikan!

Yang lebih menarik lagi, kamu bisa naik perahu motor milik penduduk setempat untuk menyeberang ke Pulau Jambu. Ya, pulau seluas 7,5 hektar itu terletak di tengah waduk dan dimanfaatkan sebagai kebun jambu.

Untuk menyewa perahu motor, kamu mesti menyiapkan Rp 50-100 ribu per jam. Ada juga perahu dayung yang disewakan Rp 30 ribu per jam. Padahal karcis masuk kebun jambu dikenai Rp 5 ribu per orang.

Di sana kamu bisa memetik jambu biji yang dibiarkan tumbuh rimbun. Kamu bisa memakan lantas hasil petikanmu sepuasnya. Kecuali itu, jambu biji ini juga bisa kamu beli dan dibawa pulang. Menyenangkan, bukan?

Bagi kamu yang hobi memancing, jangan lupa siapkan kailmu ketika mengunjungi ke Bendungan Selorejo. Potensi ikan air tawar di waduk itu memang besar. Karena, sekitar 400-500 ribu bibit ikan disebar setiap tahun. Mulai dari nila tombro, wader, mujaer, tawas, udang, dan ikan lainnya bisa kamu buru.

Fasililtas untuk pengunjung di Selorejo malah cukup komplit. Kecuali perahu liburan, telah tersedia pula hotel, cottage, food center, lapangan golf 9 hole, hingga camping ground.

Dengan fasilitas yang komplit, karcis masuk Taman Tamasya Selorejo terbilang cukup relatif murah, adalah dipatok Rp 10 ribu per orang. Dengan suasana menyejukkan dikelilingi tiga gunung dan kegiatan liburan yang menyenangkan, siapa yang bisa menolak?

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close