Uncategorized

Ingin Memasang Saluran Pipa Air Bersih? Tukang Pipa Wajib Tahu 6 Tips Ini

Air bersih adalah salah satu kebutuhan utama rumah tangga yang mutlak harus terpenuhi. Keberadaan air bersih ini sangat berpengaruh terhadap kualitas hidup manusia. Setiap rumah/bangunan lain memerlukan sebuah sistem distribusi air bersih yang baik. Sistem ini biasanya dipasang oleh seorang tukang pipa yang sudah memiliki keahlian khusus dalam hal perpipaan.

tukang ledeng

Pemasangan instalasi pipa air bersih di sebuah bangunan tidak bisa dilakukan serampangan. Ada perencanaan matang serta pemahaman mengenai detail teknis yang perlu untuk diketahui oleh tukang pipa yang akan melakukan pemasangan tersebut. Salah satu tujuan utama dari instalasi pipa air bersih adalah guna memenuhi kebutuhan air rumah tangga dengan debit air yang mengalir setiap saat. Berikut ini beberapa tips yang bisa bermanfaat dalam tindakan pemasangan sistem pipa air bersih di rumah :

  • Hitung terlebih dahulu kebutuhan air bersih rumah tangga sehari-hari

Anda perlu memperhitungkan jumlah kebutuhan air bersih sehari-hari yang diperlukan seluruh anggota keluarga. Total kebutuhan air bersih ini bisa Anda peroleh dengan memperhitungkan berapa jumlah kepala yang menghuni rumah Anda. Masing-masing penghuni rumah diasumsikan membutuhkan air bersih sekitar 80 hingga 200 liter per harinya. Anda tinggal mengalikan jumlah tersebut dengan total anggota keluarga.  

  • Pemilihan sumber air bersih

Setelah kebutuhan air rumah tangga ditentukan, langkah selanjutnya adalah memilih dan menentukan sumber air bersih terbaik untuk Anda dan keluarga. Ada banyak pertimbangan dalam memilih sumber air bersih ini. Anda bisa menggunakan sumber air dari PDAM ataupun air tanah. Kondisi air tanah yang berkualitas baik dapat Anda manfaatkan untuk memenuhi kebutuhan rumah tangga. Apabila jumlahnya belum mencukupi Anda bisa juga mengombinasikannya dengan sumber air dari PDAM.

  • Pemilihan material pipa air yang akan digunakan

Ada banyak jenis bahan pipa yang dapat digunakan untuk instalasi air bersih rumah. Seorang tukang pipa biasanya sudah memahami jenis-jenis pipa serta spesifikasi peruntukannya masing-masing. Contoh-contoh jenis pipa yang dapat digunakan seperti pipa PVC, pipa PPR, pipa HDPE, pipa Galvanis dan masih banyak lagi. Masing-masing pipa tersebut memiliki spesifikasi tersendiri yang bisa Anda sesuaikan dengan kebutuhan seperti misalnya pipa untuk air panas ataupun pipa untuk air dingin. Biasanya pipa yang paling umum digunakan adalah jenis pipa PVC.

  • Tentukan ukuran pipa yang tepat

Diameter pipa juga harus disesuaikan dengan debit air dari sumber beserta penggunaannya. Distribusi air bersih rumah tangga biasanya menggunakan pipa dengan diameter tidak lebih dari 1 inch. Ukuran diameter pipa ini juga menentukan besarnya debit air yang keluar pada masing-masing kran di rumah.

  • Tentukan apakah dibutuhkan tambahan pompa atau tidak

Pada sistem instalasi air bersih yang menggunakan sumber air tanah biasanya diperlukan tambahan peralatan berupa pompa air untuk memperlancar distribusi air bersih. Kekuatan pompa juga perlu diperhitungkan supaya dapat mendorong air dengan kuat sesuai dengan yang dibutuhkan.

  • Hindari adanya belokan pipa yang terlalu banyak

Pada saat membuat instalasi pipa oleh tukang pipa sebaiknya hindari adanya belokan-belokan yang terlalu banyak. Adanya belokan-belokan pipa ini bisa mengakibatkan semakin kecilnya debit air yang keluar.

 

Memasang sistem distribusi air bersih rumah tangga harus dilakukan oleh tukang pipa dengan perhitungan yang matang. Hal ini karena instalasi pipa air bersih rumah memainkan fungsi yang penting bagi aktivitas sehari-hari. Pemasangan yang tepat membuat Anda tidak perlu khawatir terjadi kerusakan atau tidak lancarnya aliran air di dalam rumah.

 

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close