kesehatantips

Penyebab Bayi Sering Cegukan dan Upaya Mengatasinya

bayi cegukan
bayi cegukan

Semua orang baik tua maupun muda tentu pernah mengalami cegukan. Tak terkecuali bagi seorang bayi. Bahkan bayi yang masih berada dalam kandungan juga bisa mengalami cegukan. Bayi yang mengalami cegukan merupakan hal wajar, sehingga bunda tidak perlu khawatir. Bayi yang baru lahir hingga memasuki usia 3 bulan kerap mengalami cegukan. Apakah bunda penasaran mengapa bayi sering cegukan? Simak ulasan dari mamapapa.id berikut.

Apa yang Harus Dilakukan pada Bayi Sering Cegukan?

Bunda tidak perlu terlalu khawatir jika bayi mengalami cegukan. Penyebab cegukan pada bayi yaitu adanya kontraksi diafragma yang kuat sehingga menyebabkan otot menjadi naik maupun turun saat si bayi menarik napas. Kondisi tersebut disebabkan karena beberapa hal seperti bayi yang tertawa secara berlebihan, bayi menelan udara yang banyak, hingga posisi menyusui yang salah. Bayi sering cegukan kerap membuat para orang tua khawatir, apalagi jika cegukan tidak cepat berhenti. Selagi bayi cegukan dan tidak disertai muntah, maka kondisi tersebut tergolong aman dan bayi tidak mengalami gangguan pencernaan atau semacamnya.

Cara mengatasi bayi yang sering cegukan di antaranya:

  • Pastikan memberi makan bayi secara teratur dan terjadwal

Jangan sering memberi makan bayi hingga menjadi overfeeding yang dapat menyebabkan cegukan. Bunda dapat memberi makan secara teratur dan membuat jadwal makan bagi bayi Anda. Sebaiknya jangan memberi makan bayi pada posisi telentang.

  • Perbaiki posisi menyusui dan pastikan dalam posisi yang tepat

Bayi sering menelan udara terlalu banyak ketika sedang disusui. Perbaiki posisi menyusui bunda agar mengurangi udara yang masuk ke dalam mulut bayi sehingga tidak berlebihan. Pastikan bibir bayi terbuka dan dapat menutupi bagian areola bukan hanya puting susu saja. Hal ini dapat mengurangi udara yang tertelan oleh bayi ketika Anda sedang menyusui.

  • Peluk bayi Anda

Salah satu cara mudah mengatasi bayi sering cegukan adalah dengan memeluk bayi Anda. Hal ini dapat memberikan rasa nyaman dan tenang pada bayi, sehingga diharapkan cegukan dapat segera berhenti.

Baca juga :

Ketika Bayi Rewel Tumbuh Gigi, Apa yang Harus Dilakukan?

Lakukan hal ini ketika bayi sariawan

 

Tags
Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close