kesehatantips

Lakukan Hal Ini Ketika Bayi Sariawan

bayi sakit sariawan
bayi sariawan

Sariawan yang terjadi pada orang dewasa saja terasa cukup menyakitkan dan membuat tidak nyaman untuk beraktivitas. Bagaimana jika sariawan terjadi pada bayi? Tentu bayi sariawan akan lebih rewel daripada biasanya. Para ibu harus lebih sabar dan tetap menjaga kebersihan selama menyusui bayi yang menderita sariawan.

Ketahui Gejala Bayi Sariawan dan Cara Mengatasinya

Bayi sariawan juga dapat berpengaruh pada putting susu ibunya ketika menyusui. Oleh karena itu, ketahui lebih awal gejala bayi sariawan agar tidak semakin parah. Penyebab sariawan pada bayi di antaranya karena terinfeksi virus jamur yang menyukai area lembap, lalu kekurangan vitamin tertentu, bahkan bisa juga karena gigitan yang tidak disengaja dilakukan oleh si bayi. Berikut gejala atau tanda bayi sariawan:

  • Munculnya bintik putih pada area gusi, lidah, langit-langit mulut maupun bagian dalam pipi bayi
  • Bayi tidak mau makan atau nafsu makannya turun
  • Bayi menjadi lebih pucat dan lemas
  • Bayi tidak mau menyusu pada ibunya
  • Timbulnya ruam popok pada bayi

Para orang tua tentu bingung jika bayinya tidak mau maka akibat sariawan, berikut tips untuk mengatasi masalah sariawan pada bayi.

  • Gunakan es batu untuk mengompres

Anda dapat menggunakan es batu untuk mengompres bayi sariawan guna mengurangi rasa sakit. Gunakan cara ini pada bayi yang telah berusia agak besar mencapai 1 tahun lebih. Anda juga dapat memberikan bertekstur lembut yang dingin pada bayi.

  • Berikan larutan khusus untuk ditempelkan di area sariawan

Buat larutan yang terdiri dari campuran garam, air, dan juga soda untuk mengurangi pembengkakan akibat sariawan. Celupkan kapas pada larutan tersebut kemudian ditempelkan pada area sariawan tersebut.

  • Periksa ke dokter

Jika keadaan semakin parah, maka Anda dapat memeriksakan bayi ke dokter agar mendapatkan obat yang tepat.

  • Selalu Jaga kebersihan

Jagalah kebersihan bayi dan Anda, terutama ketika sebelum dan sesudah menyusui. Misalnya segera mencuci tangan setelah mengganti popok bayi maupun sebelum menyusui bayi. Bersihkan area puting setelah menyusui.

Baca juga :

Penyebab Bayi Sering Cegukan dan Upaya Mengatasinya

Ketika Bayi Rewel Tumbuh Gigi, Apa yang Harus Dilakukan?

Tags
Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close