kesehatantips

Ketika Bayi Rewel Tumbuh Gigi, Apa yang Harus Dilakukan?

foto bayi baru tumbuh gigi
Bayi tumbuh gigi

Memasuki usia 4 hingga 6 bulan, biasanya bayi mulai mengalami pertumbuhan gigi. Bahkan terdapat bayi yang mengalami tumbuh gigi pada usia 3 bulan. Pada masa tersebut, bayi menjadi lebih rewel dari biasanya dan hal ini juga bisa menyebabkan orang tua stress atau bingung. Namun, Anda tidak perlu khawatir karena kami akan memberikan tips untuk Anda.

Bayi Rewel Tumbuh Gigi dapat Diatasi dengan Beberapa Tips Berikut

Masa-masa ketika bayi rewel tumbuh gigi juga mempengaruhi para orang tua. Orang tua perlu membantu bayi pada momen tersebut. Sebelumnya, ketahui dulu beberapa tanda jika bayi akan tumbuh gigi.

  • Bayi akan mudah menangis dan sering terbangun pada malam hari
  • Bayi akan sering mengeluarkan air liur atau mengeces
  • Bayi menjadi suka menggigit dan memasukkan jarinya ke dalam mulut
  • Pada kondisi yang memburuk, bayi bisa demam dan tidak mau makan

Lalu apa yang harus dilakukan ketika bayi rewel saat tumbuh gigi?

  • Berikan sesuatu pada bayi yang dapat digigit

Pada masa ini, bayi cenderung suka menggigit sesuatu.Anda dapat memberikan sesuatu untuk digigit agar meredakan gusi bayi yang gatal. Berikan permainan berupa teether yang tidak mengeluarkan cairan. Mainan tersebut dapat dimasukkan ke dalam kulkas dulu sebelum diberikan ke bayi. Perhatikan pula kebersihan dari mainan tersebut agar selalu steril sehingga aman saat digunakan.

  • Bayi dapat diberi camilan yang aman dan sehat

Berikan camilan seperti biskuit atau finger food pada bayi yang sudah cukup umur untuk makan.Anda harus tetap mengawasi si bayi selama makan agar tidak tersedak.

  • Orang tua dapat menggosok gusi si bayi secara perlahan

Anda dapat menggosok gusi bayi yang akan ditumbuhi gigi tersebut secara perlahan-lahan. Pastikan jari Anda dalam keadaan bersih dan jangan memaksa bayi bila tidak mau.

  • Perhatikan kesehatan bayi

Salah satu cara memperhatikan kesehatan bayi tersebut dengan cara memperhatikan segala sesuatu yang digigitnya. Jangan sampai bayi menggigit sesuatu yang kotor dan mengandung banyak bakteri.

Baca juga :

Penyebab Bayi Sering Cegukan dan Upaya Mengatasinya

Lakukan hal ini ketika bayi sariawan

Tags
Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close