kesehatan

Ragam Cara Melancarkan ASI Sebelum Melahirkan

menyusui bayi dengan dot
menyusui bayi

Banyak cara melancarkan ASI sebelum melahirkan yang harus dipahami oleh ibu maupun ayah. Hal ini penting mengingat ASI ialah makanan pertama bagi bayi baru lahir. Ibu yang produksi ASI-nya lancar serta melimpah tentu akan dapat memenuhi kebutuhan gizi sang buah hati yang baru lahir. Untuk bisa memenuhi kebutuhan bayi akan ASI, diperlukan cara-cara khusus serta trik tertentu. Cara-cara berikut terbilang mudah dan bisa dipraktekkan bahkan sebelum ibu melahirkan sehingga dapat dipersiapkan sejak awal. Berikut adalah beberapa cara yang bisa digunakan, sebagaimana tercantum dalam blog parenting Indonesia.

Lancarkan ASI Dengan Cara Ini!

  1. Mulailah dari mempraktekkan teknik menyusui yang benar. Posisi yang tepat ialah bayi menempel pada ibu. Mulut serta dagu bayi harus menempel pada payudara serta mulut terbuka lebar. Ini akan membuat sebagian besar dari areola tertutup oleh mulut bayi. Puting serta lengan bayi juga sebaiknya berada pada satu garis lurus agar bayi leluasa dalam mengisap ASI.
  2. Cara melancarkan ASI sebelum melahirkan yang harus dipahami ialah menghindari penggunaan dot susu. Jika bayi sudah terbiasa menghisap susu dari dot, maka mereka akan menolak saat disodorkan ASI dari sumber aslinya. Ini karena penggunaan dot akan lebih mudah dibanding menyusui alami sehingga bayi sebaiknya dibiasakan untuk menyusu pada ibu.
  3. Setelah menyusui, biasakan pula untuk memompa ASI. Tips satu ini terutama akan memudahkan ibu yang bekerja. Kegiatan ini dapat dilakukan saat payudara belum terasa kosong bahkan setelah menyusui. Jika ibu termasuk wanita karir, maka pompalah ASI selama 15 menit tiap beberapa jam sekali.
  4. Cara melancarkan ASI sebelum melahirkan berikutnya adalah dengan mengonsumsi aneka makanan yang terbukti dapat memperbanyak ASI. Pilih aneka sumber makanan yang dapat menambah produksi ASI sehingga ASI menjadi lancar dan melimpah. Makanan yang dikonsumsi ini harus kaya akan kandungan karbohidrat, lemak, mineral, vitamin serta protein. Jumlah makanannya juga sebaiknya tidak dibatasi. Ibu terutama dapat menambahkan konsumsi daun katuk maupun daun pepaya apabila dirasa perlu.

Baca Juga :

Sejarah musik barat

Tags
Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close