berita

Monyet Laba-laba, Monyet Langka Yang Unik

Monyet laba-laba ditemukan di hutan tropis Amerika Selatan, dari Meksiko Selatan hingga Brasil. Monyet laba-laba umumnya tidak masuk ke wilayah selatan Amerika Selatan karena disana berupa dataran bergunung-gunung dan bukan karena selera monyet laba-laba.

Ada empat jenis monyet laba-laba, yang semuanya berukuran besar dan mencapai tinggi sekitar 50cm, ditambah ekor monyet laba-laba yang seringkali bisa tumbuh lebih panjang daripada tubuh laba-laba monyet.

Monyet laba-laba diduga mendapatkan namanya dari cara monyet laba-laba yang dapat terlihat tergantung di pepohonan. Monyet laba-laba sering dapat dilihat dengan keempat tangannya di cabang-cabang yang terpisah, sehingga monyet laba-laba tampak seperti jaring laba-laba. Monyet laba-laba juga dapat bergantung di cabang oleh ekornya yang kuat, yang memberikan pemandangan monyet laba-laba seperti laba-laba.

Monyet laba-laba ini terutama memakan buah-buahan dan berry. Pola makan ini memainkan peranan penting dalam menyebarkan benih dari banyak tanaman di seluruh hutan hujan Amerika Selatan. Monyet laba-laba juga memakan serangga dan reptil kecil untuk protein dan juga madu yang ditemukan oleh merka.

Karena perburuan yang luas dari monyet laba-laba oleh manusia dan hewan hutan yang lebih besar seperti jaguar dan buaya, keempat spesies monyet laba-laba sekarang dianggap terancam atau terancam punah.

Monyet laba-laba sering disimpan sebagai hewan peliharaan eksotis di seluruh dunia dan merupakan salah satu jenis monyet peliharaan yang paling populer karena penampilan dan karakter monyet laba-laba. Tolong jangan memelihara monyet laba-laba sebagai hewan peliharaan. Monyet laba-laba termasuk dalam hutan di mana mereka berasal dan berada di ambang kepunahan.

Kera laba-laba membentuk kelompok antara 10 dan 30 individu yang berpisah di siang hari sehingga ada lebih sedikit kompetisi untuk makanan. Tidak seperti banyak primata lainnya, monyet-monyet laba-laba betina yang meninggalkan kelompok asalnya bergabung dengan kelompok-kelompok baru, daripada monyet-monyet laba-laba jantan. Monyet laba-laba jantan dikenal untuk tetap bersama sepanjang hidup mereka.

Monyet laba-laba betina berkembang biak setiap tiga sampai empat tahun dan ketika dia siap, monyet laba-laba betina memilih monyet laba-laba jantan dari kelompoknya untuk kawin. Setelah periode kehamilan sekitar 7 bulan, monyet laba-laba betina akan melahirkan satu monyet laba-laba bayi.

Bayi monyet laba-laba sepenuhnya bergantung pada ibu mereka sampai mereka berusia antara 6 hingga 10 bulan dan cukup besar dan cukup kuat untuk membuatnya sendiri. Sampai saat itu, monyet laba-laba induk membawa bayinya di perutnya dan kemudian di punggungnya untuk menjaga mereka tetap aman. Monyet laba-laba betina dikenal membantu anak-anak mereka saat melompat di pepohonan.

Tags
Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close