berita

Fungsi Engine Brake Pada Mobil Toyota

Fungsi Engine Brake Pada Mobil Toyota – Beberapa trik disaat mengendarai mobil memiliki keistimewaan tersendiri. Tentunya setiap trik memiliki teknik berbeda agar bisa dilakukan dengan sempurna. Salah satunya yang akan saya bahas disini trik pengereman mobil Toyota menggunakan mesin atau lebih dikenal dengan engine brake agar hasilnya lebih maksimal.

Fungsi Engine Brake

Bagi pengemudi profesional tentu sudah tidak asing lagi dengan manfaat yang dirasakan jika pengereman pada mobil Toyota memanfaatkan sistem engine brake, namun untuk orang awam belum tentu tau manfaatnya bahkan belum pernah sama sekali melakukan. Untuk itulah akan saya rangkum beberapa fungsi dari engine brake yang terdapat pada mobil Toyota khusunya.

Meringankan Kerja Rem
Berdasarkan informasi yang saya peroleh dari staff toyota mobil semarang engine brake sangat membantu untuk meringankan kerja rem mobil dan bisa mengurangi kecepatan laju mobil. Terlebih lagi saat di jalan yang menurun. Anda tidak perlu menginjak rem kendaraan terlalu sering yang bisa membuat rem panas dan menyebabkan blong. Engine brake bisa mengurangi kecepatan kendaraan saat berada di turunan. Ujar staff tersebut.

Engine Brake Tidak Merusak Mesin
Sebagian orang beranggapan jika terlalu sering menggunakan engine brake berdampak pada kerusakan mesin. Hal tersebut tidak benar jika anda melakukanya dengan cara yang benar. Cara melakukanya yang benar sangat mudah, turunkan perseneling dengan bertahap, jangan langsung ke posisi paling rendah. Menurunkan perseneling dengan bertahap berguna agar mesin tidak kaget dan mobil tidak oleng.

Menghemat Bahan Bakar
Saat anda menggunakan engine brake, artinya ruang bakar tidak tersuplai bahan bakar sama sekali, hal itulah yang membuat bahan bakar jadi lebih hemat. Saat berada di jalan yang menurun, tidak sedikit driver yang berpengalaman lebih memilih menggunakan engine brake karena dapat menghemat bahan bakar kendaraan.

Memastikan Mobil Tetap Dalam Kendali Driver
Memanfaatkan engine brake juga berguna agar mobil kesayangan tetap mudah di kendalikan. Bagaimana tidak, pasalnya saat menggunakan engine brake tentunya anda akan melepas kopling secara perlahan, tidak mungkin melepasnya secara kasar. Maka dari itu mobil tetap bisa anda kendalikan dengan aman.

Pengereman menggunakan mesin memang terbukti memiliki banyak manfaat, namun hal ini tentu saja tidak mudah dilakukanbagi orang awam. Jika anda baru saja bisa mengendarai mobil, saya sarankan belajar terlebih dulu cara menggunakan engine brake dengan orang yang lebih berpengalaman dari anda.

Sekiranya itu saja yang bisa saya sampaikan fungsi engine brake pada mobil toyota di artikel ini. Jika anda mempunyai masukan yang bagus, anda bisa meninggalkan masukan tersebut di kolom komentar.

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close