beritaGemstonekesehatantips

Cari Tahu Harga dan Ukuran Tangki IPAL Komunal Sebelum Membeli

Salah satu permasalahan ketika hendak membangun Instalasi Pengolahan Air Limbah baik untuk pribadi maupun komunal adalah memiliki jenis dan ukuran tangki IPAL yang tepat. Memilih ukuran dan jenis tangki IPAL tak bisa sembarangan, setidaknya pilihlah material yang berkualitas tinggi, kuat dan tahan lama sehingga bisa beroperasi lebih lama.

Cari Tahu Harga dan Ukuran Tangki IPAL Komunal Sebelum Membeli

Pemilihan jenis dan ukuran tangki setidaknya harus disesuaikan dengan kapasitas air limbah yang dihasilkan oleh komunitas atau rumah tangga. Setiap komunitas tentu memiliki kapasitas buangan air limbah yang berbeda tergantung jumlah penduduk yang ada di komunitas tersebut. Semakin banyak jumlah penduduk tentu semakin besar kapasitas tangki yang dibutuhkan.

Mengapa Harus Material Berkualitas?

Tugas IPAL komunal bisa dikatakan cukup berat. Instalasi pengolahan air limbah ini harus mengelola limbah domestik maupun komunal sehingga cairan tersebut bisa digunakan kembali atau menjadi lebih bersih dari sebelumnya.

Jadi, air limbah bekas cuci piring, mandi, wastafel, urinoir maupun limbah air kotor (tinja) akan dikelola oleh instalasi pengolahan ini. Bahkan tak jarang limbah berisi cairan berbahaya juga ikut ke dalam proses pengolahaan air limbah. Wajar jika material tangki IPAL harus kuat dan tahan lama.

Material fiberglass merupakan material yang paling sering dipakai sebagai bahan pembuat tangki IPAL. Material ini dikenal tahan lama dan kuat sehingga mampu menampung berbagai macam air limbah. Penggunaan material fiberglass yang kuat juga bisa menjadi investasi jangka panjang karena Anda tak perlu sering menggantinya.

Keunggulan lainnya dari material fiberglass ini adalah harga yang terjangkau. Untuk kebutuhan IPAL komunal, tangki fiberglass berkapaasitas 3 meter kubik bisa didapatkan dengan harga minimal 20 jutaan. Harga ini dianggap lebih murah daripada material lainnya sehingga banyak instansi yang lebih memilih fiberglass sebagai material tangki IPAL.

Tangki fiberglass juga dikenal mampu digunakan sebagai tempat pemrosesan limbah secara aerob dan anaerob dengan baik. Tak heran jika hotel, restoran, rusun, apartemen maupun perkantoran lebih memilih menggunakan tangki fiberglass. Setelah mengetahui material terbaik untuk tangki IPAL, kini Anda tak perlu ragu lagi ketika hendak membangun IPAL bukan?

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close