beritakesehatan

Bagaimana Cara Mendaur Ulang Limbah Air Dengan Teknologi Ozon?

Pada tahun 1994, seorang peneliti dari Jepang berhasil menciptakan sebuah inovasi pengolahan air limbah, yaitu proses mengurangi jumlah endapan lumpur yang berasal dari pengolahan air limbah lumpur aktif yang sudah diproses.

Bagaimana Cara Mendaur Ulang Limbah Air Dengan Teknologi Ozon?

Dengan menggunakan inovasi ini, limbah endapan lumpur dapat berkurang hampir 100% dan teknologi yang digunakan adalah teknologi ozon. Maka dari itu, proses pengolahan limbah air ini dinamakan zero emission. Kenapa mereka menggunakan ozon? Karena ozon merupakan spesis aktif dari kandungan oksigen yang memiliki tingkat potensial oksidasi 2,07 V.

Ozon dapat terbukti untuk membunuh bakteri, dapat menghilangkan warna keruh pada air limbah, menghilangkan bau yang tidak sedap, serta menguraikan senyawa organik yang tidak dibutuhkan untuk hasil limbah air, karena ozon memiliki kadar oksidasi yang tinggi. Maka dari itulah, ozon dapat dijadikan teknologi multifungsi dalam mengurai endapan lumpur. Bagaimana cara kerjanya?

Pada sistem ozon, endapan lumpur pada limbah cair diambil untuk dilakukan proses ozonisasi di dalam ruang proses ozon. Pada proses ini, endapan lumpurnya diolah menjadi material yang mudah diurai dan direduksi oleh mikroorganisme. Setelah selesai, endapan lumpur tersebut dikembalikan ke ruang proses lumpur aktif.

Di dalam ruang ini, terjadi penguraian air limbah oleh mikroorganisme dan penguraian terhadap endapan lumpur dari hasil proses tersebut. Dari proses penguraian tersebut, maka akan menghasilkan sistem praktis pengolahan air limbah.

Keuntungan dengan menggunakan sistem ini adalah lumpur endapannya bisa hilang sehingga proses pengolahan berikutnya dan pencemaran air laut atau sungai dapat dicegah. Selain itu, bulkingnya juga dapat dihilangkan yang membuat sistem lumpur aktifnya bisa berjalan dengan stabil. Dan yang lebih penting, air limbah tersebut dapat didaur ulang, karena ini merupakan fungsi utamanya.

Hasil air limbah yang sudah diolah, sudah tidak lagi mengandung senyawa yang berbahaya bagi kesehatan dan dapat dipergunakan lagi sebagai sumber air untuk kegiatan industri yang lain.

Dengan menggunakan teknologi ini, diharapkan pemanfaatan proses daur ulang limbah air bisa menjadi solusi dalam mengatasi masalah semakin berkurangnya persediaan cadangan air demi kelangsungan kegiatan perekonomian industri dan kebutuhan sumber air untuk makhluk hidup, terutama manusia.

Artikel ini kami rangkum dari web IpalBioRich.com sebagaimana yang tertulis disana. Semoga bermanfaat.

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close